Kamis, 01 September 2011

Libur Lebaran, Tempat Wisata di DKI Dibanjiri Pengunjung

JAKARTA, M86 - Rekreasi bersama keluarga adalah cara paling asyik mengisi waktu libur lebaran. Sejak hari pertama lebaran, tiga tempat wisata di DKI Jakarta seperti Museum Kota Tua di Jakarta Barat, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di Jakarta Selatan, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, tak pernah sepi dari pengunjung. Sejak pagi hingga sore hari, ribuan orang terlihat telah menyemut di tiga tempat wisata tersebut.

Banyaknya pengunjung di Museum Kota Tua juga menjadi berkah tersendiri buat pemilik jasa penyewaan sepeda. Dasep (40) salah satu pemilik penyewaan sepeda mengungkapkan, 15 sepeda miliknya selalu antre disewa pengunjung. Begitu juga sepeda sewaan milik rekannya.

Ia mengaku, untuk sewa sepeda anak-anak ia patok harga Rp 10 ribu/jam. Sepeda dewasa jenis ontel dan sepeda mini dipatok Rp 20 ribu/jam. Sementara untuk sepeda tandem Rp 30 ribu/jam. “Lumayan banyak yang sewa. Sehari bisa Rp 500 ribu. Padahal, kalau lagi ramai seperti hari Sabtu dan Minggu paling cuma dapat Rp 150 ribu,” ujarnya, Kamis (1/9).

Sementara itu, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) juga terlihat diserbu puluhan ribu pengunjung. Pengunjung datang dari berbagai daerah di Jabodetabek dan kota lainnya. "Hingga pukul 13.30 tercatat pengunjung yang masuk ke TMR sebanyak 90.842 orang," ujar Tohadi, Plt Humas TMR, Kamis (1/9).

Menurutnya, angka ini akan terus bertambah bahkan bisa melewati jumlah pengunjung pada tahun lalu di H+1. Tahun lalu sendiri, pada H+1 pengunjung yang masuk ke TMR 95 ribu orang. "Kalau jam segini jumlahnya segitu, bisa melewati hingga 100 ribu pengunjung," katanya.

Untuk mengantisipasi semakin membludaknya pengunjung, TMR juga menambah personel pelayanan seperti, petugas kebersihan dan keamanan. "Untuk petugas kebersihan ada 72 orang, bagian pelayanan 214 orang, bagian parkir 98 orang, dan keamanan dari kepolisian 340 orang," jelasnya.

Di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pengunjung tak kalah ramainya. Di sini tempat favorit dan terbanyak dikunjungi adalah Keong Emas dan Snowbay, padahal tiket masuk ke kedua tempat tersebut sangat mahal.

Kepala Humas TMII, Suryandoro, mengatakan kepadatan pengunjung sudah terjadi sejak Rabu (31/8) kemarin. Tercatat jumlah pengunjung yang masuk mencapai 22.608 orang. Namun untuk jumlah pengujung hari ini, belum dapat diketahui, mengingat jam kunjung akan berlangsung hingga pukul 22.00 malam nanti. Dari jumlah tersebut, tercatat pula jumlah kendaraan jenis mobil yang masuk mencapai 11.1662 unit, sepeda motor 4.375 unit dan taksi 147 unit. Untuk masuk ke arena Snowbay pengunjung dikenai tiket sebesar Rp 150 ribu dan ke Keong Emas Rp 120 ribu per pengunjung. (cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Jasa Perizinan Bangunan