Kamis, 01 September 2011

Takbiran dan Ied Sisakan 125 Ton Sampah

JAKARTA, M86 - Paska takbiran dan Shalat Idul Fitri 1432 H volume sampah di Jakarta Timur mencapai 566 meter kubik atau setara 125 ton. Sampah-sampah tersebut, berasal dari 10 kecamatan di Jakarta Timur, dan selanjutnya dibuang ke TPA Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. Pembersihan sampah dilakukan secara bertahap, yaitu mulai pukul 01.00 dinihari petugas kebersihan melakukan penyapuan, pembersihan dan pengangkutan sampah hingga pukul 06.00. Kemudian petugas yang berjumlah sekitar 670 personel ini beraktivitas kembali untuk membersihkan sampah sisa Shalat Idul Fitri.

"Penyapuan, pembersihan dan pengangkutan sampah dilakukan di setiap titik rawan sampah. Setiap tahun memang kondisinya demikian, saat malam takbir hingga usai Shalat Ied sampah pasti ada, makanya kita terjunkan 670 petugas kebersihan di lapangan," ujar M Iwan Sa`ali, Kasudin Kebersihan Jakarta Timur, Kamis (1/9).

Selain menyiagakan 670 petugas kebersihan, pihaknya juga menyiapkan 57 unit truk sampah, 12 unit mobil pick up operasional, 5 unit alat berat jenis shovel dan 65 gerobak motor sampah. Seluruh personel dan peralatan pendukungnya, dikerahkan di sejumlah titik rawan sampah seperti, Jl Matraman Raya hingga Jl Bekasi Raya, utamanya dari kawasan Lapangan Jenderal Urip Soemohardjo, hingga depan Stasiun Jatinegara dan eks Makodim 0505 Jakarta Timur. Kemudian di Jl Raya Bogor, utamanya mulai dari perempatan Cililitan. Hingga depan Pusdikkes TNI AD. Di kawasan ini tadi malam ratusan PKL berjubel, menjajakan dagangannya masing-masing, hingga akhirnya menyisakan banyak sampah.

Kemudian, sejumlah jalan protokol seperti Jl Dewi Sartika, Jl Otista, Jl Matraman Raya, Jl Pramuka, Jl Pemuda, Jl DI Panjaitan yang menjadi lintasan takbir keliling tadi malam juga tak luput dari sampah. Berikutnya sejumlah flyover tempat istirahat warga yang melakukan takbir keliling juga menyisakan banyak sampah, seperti flyover Klender, Buaran, Pondokkopi, Jatinegara, Kampungmelayu, Pramuka dan Pasarrebo.

"Usai Shalat Ied, petugas kembali membersihkan sampah di antaranya, di Masjid At-Taubah, Jl Pisangan Baru Selatan, Matraman, Masjid Al-Bahri Jl Mayjen DI Panjaitan, Masjid Al-Hawi Jl Raya Bogor, Cililitan, Kramatjati, Masjid An-Nur Jl Buaran Indah, Durensawit, Masjid At-Tin, Jl Raya TMII, Pinangranti, Makasar dan sejumlah masjid lainnya," jelasnya. (dya/*bjc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Jasa Perizinan Bangunan