Jumat, 06 November 2009

PKK Kelurahan Cilangkap Jadi Percontohan

JAKARTA, MP - Tak berlebihan jika PKK Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, dijadikan percontohan di Jakarta Timur. Apalagi mengingat banyak keunggulan yang dimiliki PKK kelurahan itu, di antaranya pertanian, penghijauan, pembuatan lubang biopori, komposting, serta usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K).

Tak hanya itu, secara khusus PKK kelurahan ini memiliki peternakan ikan patin milik keluarga H Syafii yang mengajak kader PKK di wilayahnya bekerja sama mengolah berbagai makanan dari ikan patin. Hal itu dikatakan Ketua Umum TP PKK DKI Jakarta, Tatiek Fauzi Bowo saat meninjau kinerja para kader PKK di wilayah Jaktim, Jumat (6/11). Sebelumnya, Tatiek bersama rombongan juga telah meninjau kinerja para kader PKK tiga kelurahan di Jakbar, Jakut, dan Jakpus.

Dikatakan Tatiek, Kelurahan Cilangkap merupakan kelurahan yang secara khusus memiliki banyak keunggulan, menyimpan potensi pemberdayaan yang sangat besar, kemitraan yang terjalin rapi, partisipasi masyarakat, dan antusiasme kader yang tinggi.

“Ini bisa dijadikan contoh Tapi, jangan dijadikan beban dan jangan menuntut karena dalam menjalankan tugas sebagai kader PKK harus bertangggung jawab terhadap yang menjadi keunggulan di wilayahnya. Saya bersyukur bisa melihat langsung kondisi di sini, dan tanpa dibuat-buat,” ujar Tatiek di sela-sela meninjau kolam ikan patin di RW 03, Kelurahan Cilangkap.

Menurutnya, PKK Kelurahan Cilangkap ini bisa dijadikan acuan studi banding unggulan bagi kelurahan-kelurahan lainnya yang ada di Jaktim. “PKK Kelurahan Cilangkap akan menjadi show window bagi gerakan PKK, baik dari luar Jaktim maupun luar DKI,” katanya didampingi Ketua TP-PKK Jaktim, Eka Basmalah Murdhani.

Dia berharap, seluruh TP PKK mulai dari tingkat kelurahan hingga kota melakukan kegiatan yang berkesinambungan, terutama dalam menjalankan 10 program PKK. Sehingga, dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat, serta mewujudkan keluarga yang sejahtera dan mandiri. “Sebab, program PKK dilaksanakan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Untuk itu, tujuan penilaian kinerja tahunan ini adalah mengevaluasi cara pengendalian dan pemantauan untuk mengetahui keberhasilan program PKK di setiap kelurahan yang ditunjuk masing-masing wilayah,” papar Tatiek.

Ketua TP-PKK Jakarta Timur, Eka Basmalah Murdhani mengaku senang dan bangga atas penilaian yang diberikan Ketua TP PKK DKI Jakarta, Tatiek Fauzi Bowo. “Saya senang mendengar beliau menyampaikan PKK Kelurahan Cilangkap bisa dijadikan percontohan," ujar Eka.

Menurutnya, PKK Kelurahan Cilangkap memiliki banyak keunggulan. Selain itu, kata Eka, Kelurahan Cilangkap memiliki luas lahan yang dapat dimanfaatkan para kader PKK dan masyarakat secara kebersamaan seperti berkebun. “Alhamdullillah, kekompakan para kader PKK di Kelurahan Cilangkap ini menjadi keunggulan kami,” katanya lagi. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Jasa Perizinan Bangunan