Jumat, 06 November 2009

20 Persen Koperasi di Jaktim Tak Sehat

JAKARTA, MP - Dari sekitar 1.751 jumlah koperasi yang ada di Jakarta Timur, 20 persen di antaranya dalam kondisi tidak sehat. Karena itu, Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jaktim, menargetkan dalam setahun ini akan menyehatkan sebanyak 50 koperasi.

"Kami akan terus berusaha memberikan berbagai pelatihan kepada seluruh koperasi terutama koperasi yang dalam kondisi tidak sehat, agar lebih termotivasi dalam menjalankan usahanya. Karena kami punya target akan menyehatkan sebanyak 50 koperasi dalam setahun," ujar Sri Indrastuti, Kasudin KUMKMP Jaktim, saat membuka pelatihan bimbingan teknik (bintek) mengenai studi kelayakan dan manajemen koperasi dari Sudin KUMKMP Jaktim, di gedung Pewayangan Taman Mini Indonesia Indonesia (TMMI), Jaktim, Kamis (5/11).

Pada kesempatan itu, sebanyak 150 pengurus koperasi yang ada di Jaktim mendapatkan pelatihan bintek. Para pengurus koperasi yang hadir itu dimotivasi agar mampu menjalankan koperasinya serta mengajukan permohonan kredit kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perbankan. Sehingga dapat meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) koperasi atau pengurus koperasi. Karena itu, setiap koperasi harus mampu bersaing serta menciptakan barang dagangan yang memadai sehingga usaha koperasi dapat berkembang.

Dijelaskan Sri Indrastuti, pihaknya berupaya agar seluruh koperasi di Jaktim menjadi lebih terampil dan andal. Sebab, dalam bintek tersebut para peserta diberikan pencerahan dan pelatihan dari beberapa narasumber yang merupakan para konsultan koperasi.

Para pengurus koperasi yang hadir bisa berbagi kisah seputar koperasi yang dijalankan dengan pengurus koperasi lainnya. Sementara itu dirinya juga akan menerima berbagai masukan dari pengurus koperasi mengenai kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan.

"Dari sini kita juga dapat mendapatkan masukan dari para pengurus koperasi yang hadir. Sehingga nantinya kita bisa usulkan pada program 2010 nanti," tambah Sri didampingi Kasi Koperasi Sudin KUMKMP Jaktim, Slamet Tardjo. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Jasa Perizinan Bangunan