Sabtu, 28 November 2009

Pemkot Jaktim Tanam 6.200 Pohon Produktif

JAKARTA, MP - Untuk mendukung program Pemprov DKI dalam mewujudkan Jakarta kota yang hijau dan sehat, jajaran Pemkot Jakarta Timur, Sabtu (28/11) ini menanam sebanyak 6.200 pohon produktif di 10 kecamatan. Aksi penanaman pohon ini juga dilakukan untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada hari Sabtu ini.

Walikota Jakarta Timur, Murdhani, mengatakan, penenampan pohon ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan di wilayah DKI Jakarta. Ke-6.200 pohon ini merupakan bantuan dari beberapa instansi, seperti dari Departemen Kehutanan dan Kelautan RI sebanyak 3.500 pohon. Kemudian 2.600 pohon dari Pemprov DKI dan 100 pohon dari Sudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Timur.

"Sebanyak 1.100 pohon ditanam di Perumahan Jatinegara Indah, Cakung," ujar Murdhani usai menanam secara simbolik sejumlah pohon di Perumahan Jatinegara Indah, Sabtu (28/11). Rencananya penanaman sejumlah pohon di 10 kecamatan akan dilakukan hingga 31 Desember 2009 mendatang. Pada tanggal tersebut juga diketahui sebagai bulan menanam pohon nasional.

“Tanggal 28 November ini bertepatan dengan Hari Penanaman Pohon di Indonesia, sedangkan bulan Desember adalah bulan menanam pohon nasional. Karena itu secara simbolis, penanaman ini dilakukan di perumahan Jatinegara Indah. Namun penanaman ini juga berlangsung di seluruh wilayah di Jaktim yang dilakukan oleh para camat dan lurah di Jaktim,” tukasnya.

Pohon yang ditaman di Perumahan Jatinegara Indah itu terdiri dari 10 jenis tanaman langka seperti bisbol, buni, gandaria, jamblang, kepel, lobi-lobi, malaka, menteng, mundu, dan nam-nam. Selain itu juga ada beberapa pohon pelindung seperti pohon jati yang juga merupakan simbol dari wilayah Kelurahan Jatinegara.

Ia berpesan kepada para camat yang ada di Jaktim agar setiap wilayahnya memiliki jenis pohon yang menjadi ciri khas wilayah. “Mestinya setiap wilayah punya ciri khas tersendiri, bentuknya bisa didapat dari apa saja, bukan hanya dari jenis tanaman,” ujarnya.

Kasudin Pertanian dan Kehutanan Jaktim, Bayu Sari, menambahkan sepanjang 2009 ini pihaknya telah menanam sedikitnya 9.480 pohon yang juga disebar di 10 kecamatan. Namun jumlah tersebut dikatakan masih kurang, karena sesuai dengan imbauan pemerintah yaitu one man, one tree.

“Sejatinya Pemkot Jaktim telah menanam lebih dari 10 ribu pohon di 10 kecamatan, karena yang melakukan penanaman tidak hanya Sudin Pertanian dan Kehutanan saja, tapi juga Sudin Pertamanan juga aktif dalam melakukan penanaman di wilayah Jaktim,” terangnya. Ia merinci jumlah pohon yang telah ditanam oleh Sudin Pertanian sebanyak 9.480 pohon, terdiri dari 3.660 pohon produktif dan 5.820 pohon pelindung. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Jasa Perizinan Bangunan