Selasa, 03 November 2009

Kafe Liar di Rusun Seruni Bakal Ditertibkan

JAKARTA, MP - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur pekan depan akan menertibkan kafe-kafe liar di lahan garapan Rumah Susun (Rusun) Seruni, Pulogebang, Cakung. Sebab, keberadaan kafe tersebut mengganggu kenyamanan warga setempat.

Asisten Perekonomian dan Administrasi Jaktim, Sutia, menegaskan telah meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jaktim serta aparat kecamatan dan kelurahan secepatnya menertibkan kafe-kafe liar di kawasan itu.

”Kami berikan waktu hingga pekan depan untuk menertibkan kafe-kafe liar itu. Hal ini untuk menghindari pertikaian di antara pemilik kafe dengan warga yang tinggal di kawasan itu. Apalagi, pemilik kafe liar telah memanfaatkan lahan kosong itu tanpa izin,” tegas Sutia, Selasa (3/11).

Sebelumnya, di lokasi sempat terjadi kericuhan antara warga dengan pemilik kafe yang berujung penyerbuan ke lokasi yang berada di Jl Komarudin itu. Untungnya, peristiwa itu tak berujung pada adu fisik dan mampu diredam petugas keamanan, kendati sempat diwarnai adu mulut.

”Ini sebenarnya tugas dari Sudin Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) Jaktim. Kenapa kafe-kafe itu bisa berdiri di lokasi yang tidak semestinya, terlebih berdekatan dengan pemukiman warga. Jadi, wajar jika warga merasa sangat terganggu," ungkapnya.

Sutia menambahkan, pekan depan Pemkot Jaktim hanya memfokuskan menertibkan sejumlah kafe di kawasan itu yang dirasa sangat mengganggu warga. Sedangkan mengenai penertiban bangunan rumah tinggal yang jumlahnya mencapai puluhan belum ditentukan.

Sebab, untuk menertibkan puluhan bangunan itu, butuh perencanaan matang. Apalagi, jumlah penghuninya juga semakin banyak. "Untuk pekan depan, kami hanya fokus kepada kafe-kafe liar saja. Sedangkan untuk menertibkan bangunan liar membutuhkan perencanaan matang. Karena kami juga harus mengupayakan agar mereka mendapatkan lahan pengganti," ungkapnya. (red/*bj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Jasa Perizinan Bangunan