Senin, 30 November 2009

Gudang Konveksi di Pulo Gadung Terbakar

JAKARTA, MP - Gudang konveksi di Jalan Rawa Gelang 1 kawasan industri Pulo Gadung, Jakarta Timur diamuk si jago merah, Senin (30/11). Tidak ada korban jiwa. Saat ini, pemadaman masih berlangsung.

"Api belum berhasil dipadamkan. Lebih dari 3000 meter telah terbakar," kata Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur, Senin (30/11).

Kantor dinas pemadam kebakaran Jakarta Timur mendapat laporan kebakaran sekitar pukul 06.00 WIB. "Delapan belas unit pemadam kebakaran sudah diterjunkan ke lokasi kejadian," kata Sumarto, petugas pemadam kebakaran jakarta Timur.

Diduga Mesin Pendingin

Untuk sementara penyebab kebakaran gudang di Jalan Rawa Gelam I/6 kawasan industri Pulo Gadung, Jakarta Timur diduga berasal dari mesin pendingin yang berada di gudang coklat Cadburry.

"Dugaan sementara dari mesin pendingin di gudang coklat Cadburry," kata kepala suku dinas pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana Jakarta Timur, Munadi, Senin (30/11).

Api yang mulai berkobar sejak pukul 06.00 WIB sulit dipadamkan karena barang-barang di gudang berasal dari bahan sintetis dan coklat. Lebih dari tiga jam, petugas pemadam kebakaran belum berhasil memadamkan api. Sebanyak 18 unit pemadam diterjunkan ke lokasi.

Bangunan gudang ini diisi oleh lima perusahaan, antara lain Pikarin Jaya Abadi, Coklat Cadburry, Intermode, Jaya Gemilang, dan Stock Center. Menurut Munadi, bangunan seluas kurang lebih 3.150 meter persegi tersebut hancur total. "Dinding-dindingnya roboh. Kemungkinan tidak bisa lagi digunakan," ujarnya.

Saat petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi, api sudah membesar. Beruntung saat itu karyawan belum masuk. Menurut petugas keamanan gudang, Joko Wijono, sebenarnya api mulai menyala sekitar pukul 05.45 WIB. "Tapi saya dapat laporan dari pusat api jam enam pagi," ujarnya.

Dua orang satpam gudang, Arifin dan Firman serta petugas kebersihan bernama Kuat sudah dijadikan saksi terkait peristiwa ini. "Mereka sudah dibawa ke kantor untuk dimintai keterangan," kata Kepala Polsek Pulo Gadung, Komisaris Yudhi Sulistianto Wahid di lokasi. (red/*tif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Jasa Perizinan Bangunan