Kamis, 23 Juni 2011

Astra Group Tanam Pohon di Bantaran Kali Ciliwung

JAKARTA, M86 - PT. Astra Internasional Tbk, beserta 52 perusahaan grup-nya mencanangkan program SATU (Semangat, Astra, Terpadu, Untuk-red) Lingkungan di Jalan Munggang No.6, RT10/RW04, Condet, Bale Kambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (22/06). Kegiatan itu diantaranya menanam 1000 pohon produktif, menebar 300 bibit lele ke Kali Ciliwung, dan edukasi serta kampanye Stop Nyampah di Kali.

Uniknya, sebelum kegiatan tanam pohon serta pencanangan program SATU Lingkungan yang menetapkan kawasan RT10/RW04 ini menjadi tempat edukasi maupun konservasi dan Sanitasi berbasis masyarakat ini, warga sekitar menyajikan budaya palang pintu khas Betawi yang diwarnai pantun jenaka. Tak pelak, hal ini memiliki warna tersendiri apalagi mengingat Rabu (22/06) hari ini merupakan hari jadi kota Jakarta ke-484.

Rahmat Kurniawan, Environment Social Responsibility (ESR) Devision PT. Astra International Tbk, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) yaitu dengan memberikan edukasi membangun kesadaran masyarakat ikut serta mengambil bagian dalam mengelola bantaran Kali Ciliwung agar selalu bersih.

Selain itu, juga memberikan pembinaan serta bantuan alat untuk mengelola sampah dengan pola 3 R yaitu Reduce, Reuse, Recyle sehingga tidak lagi membuang sampahnya kali maupun bantaran kali.

"Sebagai perusahaan otomotif, kami memiliki tanggungjawab terhadap lingkungan misalnya terkait polusi udara kami berupaya menambah pohon di Jakarta seperti melakukan tanam pohon bersama karyawan serta membuat konservasi tanaman langka di Balai Kambang, Condet, Jakarta Timur sekaligus mengedukasi warga sekitar agar satu rumah menanam satu pohon termasuk kampanye Stop Nyampah di Kali," jelasnya sembari menambahkan kegiatan tersebut melibatkan sekitar 52 perusahaan group Astra International Tbk.

Hal serupa juga disampaikan Yudi Yozardi, CSR, and Internal Relation Manager PT. Astra Honda Motor, mengatakan, peran dunia usaha sangat penting untuk ambil bagian mengatasi isu pemanasan global yang belakangan ini menjadi topik pembahasan dunia, apalagi mengingat tidak sedikit terjadi bencana alam akibat lingkungan buruk. Oleh karena itu, PT Astra Group mempunyai tanggungjawab sosial ikut peduli melakukan penghijauan demi pembangunan yang berkelanjutan.

Sejak tahun 2008 lalu, sambungnya, Astra Group sudah mengkampanyekan program 'Go Green with Astra' dengan Saka Sapo yaitu Satu Karyawan Satu Pohon. "Pencanangan penghijauan ini bukan hal yang baru, ini merupakan kelanjutan dari Saka Sapo. Kini, kita buatkan konservasi pembibitan tanaman langka Jakarta seperti duku, sawo kecik, gandaria, gowok, dan buni di Bale Kambang, Condet. Dan nantinya hasil pembibitan ini akan dibagikan ke warga sekitar," jelasnya.

Sementara itu Ketua RT10/04, Condet, Bale Kambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, H. Masud, menyambut gembira atas kepedulian pihak dunia usaha seperti Astra Group yang masih peduli dengan lingkungan. Dengan adanya konservasi tanaman ini, warga sekitar memperoleh pembinaan sekaligus diajak untuk turut menanam pohon sehingga kualitas udara di Condet makin bagus," katanya.

Tak hanya itu, sambungnya, pohon yang ditanam merupakan bibit pohon produktif dimana hasil buahnya bisa menambah ekonomi warga sekitar. Selain itu, mereka juga memberikan gerobak sampah dan tong sampah agar warga tak lagi membuang sampah ke kali. "Kami juga terus mengkampanyekan kepada warga yang tinggal di sepanjang bantaran Kali Ciliwung untuk tidak membuang sampah di kali," tandasnya. (red/108csr.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Jasa Perizinan Bangunan