Senin, 30 Mei 2011

Jaktim akan Kaji Jalur Sepeda di Wilayahnya

JAKARTA, M86 - Untuk mewujudkan kualitas udara bersih dan bebas polusi di Jakarta, berbagai kalangan saat ini terus menggalakkan kegiatan bersepeda dan program perbaikan lingkungan. Terbukti, saat ini banyak terdapat komunitas pecinta sepeda di Jakarta yang menggalakkan kegiatan bersepeda sebagai gaya hidup. Seperti, kegiatan sepeda santai yang digelar Yayasan Pendidikan Al Hidayah Jakarta, selaku penyelenggara pendidikan SMP, SMA/SMK Diponegoro menggelar kegiatan sepeda santai. Kegiatan ini diikuti sekitar 570 peserta yang berasal dari keluaga besar SMP, SMA/SMK Diponegoro dan masyarakat sekitar.

Kegiatan yang mengusung tema, Festival Gowes Dipo 2011 menempuh rute sepanjang 10 kilometer yang dimulai dari SMA Diponegoro di Jl Sunan Giri Raya, Rawamangun menuju Jl Pemuda, Jl Pramuka dan kembali ke SMA Diponegoro.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, kegiatan sepeda santai sangat baik dilaksanakan untuk mendukung program langit biru yang tengah digalakkan Pemprov DKI Jakarta. Selain menyehatkan, kegiatan ini juga merupakan bentuk hemat energy. Diharapkan, kegiatan ini bisa diikuti pihak lain dan menjadi agenda rutin sehingga udara Jakarta yang bersih dan bebas polusi dapat terwujud.

“Kami berharap, seluruh lapisan masyarakat semakin cinta terhadap ibu kota. Sehingga seluruh kebijakan untuk kepentingan publik seperti ini selalu didukung penuh,” ujar Fauzi Bowo.

Pada kesempatan itu, Bang Fauzi, sapaan akrabnya juga berharap, lima wilayah kota dan sati kabupaten di wilayah DKI Jakarta bisa menyediakan jalur sepeda. Dengan begitu, upaya peningkatan kesehatan lingkungan serta menjadikan langiit Jakarta biru dapat terwujud.

Sementara itu, Wakil Walikota Jakarta Timur, HR Krisdiyanto mengatakan, pihaknya saat ini telah memiliki konsep untuk penyediaan jalur sepeda. Ke depan, pihaknya berharap setiap kecamatan di Jakarta Timur memiliki minimal satu jalur sepeda. Konsep itu kini diakuinya tengah dibahas di tingkat kota. Untuk tahap awal, sambungnya, jalur sepeda akan dibuat di sepanjang Jl Pmuda hingga Jl Matraman Raya. “Secepatnya kami realisasikan. Yang jelas, saat ini kami sudah memiliki konsepnya dan sedang dikaji lebih dalam,” katanya.

Ketua Yayasan Al Hidayah Jakarta, Imam Parikesit menuturkan, Festival Gowes Dipo 2011 bertujuan menggalakkan minat keluarga besar yayasan terhadap kegiatan bersepeda. Kegiatan ini diharapkan dapat jadi pemicu menuju kegiatan bike to school, di mana nantinya para pelajar akan menggunakan sepeda saat bersekolah. “Kami mendukung program langit biru yang tengah digalakkan Pemprov DKI. Bahkan, di sekolah kami sudah ada komunitas sepeda Diponegoro,” tandasnya. (nez)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Jasa Perizinan Bangunan